Special Interview with Siobhan de Maré (Mono) & (Violet Indiana): Ingin Show di Indonesia

Siobhan de Maré adalah seorang penyanyi yang lebih dikenal dari pinjaman suaranya ke album Formica Blues oleh band Inggris, Mono pada tahun 1997. Pada tahun 2000, ia bergabung dengan Robin Guthrie (pentolan Cocteau Twins) untuk membentuk Violet Indiana, yang menghias gaya suasana sound mereka dengan dreampop, yang jarang memainkan lagu dengan gitar single apalagi dengan efek kurang. Siobhan memiliki suara membisik dan halus.

Mono

Mono

Siapa yang tidak kenal lagu berjudul “LIFE IN MONO”, lagu ini digunakan sebagai theme song dari film Great Expectations versi 1998 (kabarnya, lagu ini dipilih oleh aktor Robert De Niro), serta pernah digunakan untuk iklan televisi baru “Rover 25”. Dan di cover version oleh Emma Bunton pada tahun 2006 untuk album ketiganya, yang juga berjudul Life in Mono.

Sejauh ini, Siobhan telah bergabung dengan dua band dalam kariernya, band trip-hop “Mono” dan “Violet Indiana”. Dan saat ini, dia sedang melakukan rekaman dengan kolaborator baru pada sebagai proyek belum yang belum dinamakan dan rencananya akan dirilis pada 2011.

Kontributor kami Agung Pambudi “Ipang”, berhasil mewawancarai Siobhan, meskipun belum berhasil mewawancarainya via telepon dikarenakan perbedaan waktu yang membingungkan kontributor kami dan juga Siobhan de Maré sendiri. Tapi interview tertulis, tetap kami dapatkan dan kami berikan kepada Anda hanya untuk pembaca Berisikradio.com.

Halo Siobhan, kami mendengar bahwa Anda akan membuat proyek tanpa nama baru untuk diluncurkan pada 2011 ini, bisa Anda ceritakan tentang itu? Dan siapakah “kolaborator misterius” Anda? (kalau bisa mohon disertakan foto-foto Anda, tema lagu dan musisi yang membantu proyek baru Anda?)
Halo-ya sebenarnya saya sedang bekerja untuk dua hal. Satu project baru milik seorang Afro Cuba dengan seorang Komposer Cuba teman saya. Project ini masih dalam proses, tetapi benar-benar terbukti menyenangkan, dan sangat menantang bernyanyi dalam bahasa lain.

Proyek satunya adalah Album “New Mono” bersama Martin Virgo, dan pemain bass lama kami yang berasal dari “Magnus box”. Kami adalah tim dan semuanya ikut menulis untuk album baru bersama-sama. Kami akan memasukkan 7 track di dalam album tersebut, dan saya benar-benar menyukai setiap menit yang saya lakukan ini. Kadang-kadang lebih banyak tertawanya daripada menulis lagunya dan juga lebih banyak nge-teh dan makan kuenya. LOL

Yang menulis lagu dalam proyek Anda?
Kami semua menulis lagu bersama-sama, kami bekerjasama dengan baik, karena kami semua jujur dan saling menceritakan ide yang kami pikirkan. Kadang-kadang ada baiknya untuk membangun ide bersama-sama, dan chatting untuk mencari inspirasi.

Bagaimana dengan “Mono” dan “Violet Indiana”? Apakah Anda memiliki rencana untuk membuat tur, reuni atau konser pribadi atau mungkin world tour?
Saya ingin melakukan untuk keduanya. Kedua band telah mengubah kehidupan saya, dan menandai pentingnya hidup saya dan pertumbuhan rohani serta pengembangan artistik. Kami belum memiliki jadwal manggung, tapi akan melakukan sekali setelah materi Mono selesai.

Proyek-proyek apa yang Anda sukai, mono atau Violet Indiana, apa lagu favorit Anda dan mengapa Anda menyukainya?
Sepertinya saya sangat mencintai keduanya. Saya sendiri yang menulis semua lirik dalam Violet Indiana, dan project itu merupakan project super pribadi bagi saya, dan apa yang terjadi dalam hidup saya pada saat itu. Jadi sesuatu yang khusus karena alasan itu. Sangat menyenangkan bekerjasama dengan Robin, dan memungkinkan saya melakukan kebebasan kreatifitas, artistik serta ekspresi, yang saya puja pada saat itu. Sangat bebas. Aku sangat merindukan bekerjasama dengannya, dan berharap bisa bekerjasama dengannya lagi.

Apa jenis musik yang Anda suka dan siapa yang musisi favorit Anda?

Wow – pertanyaan berat. Aku cinta Musik soul. Chaka Khan, Al Green, Marvin Gaye, Roberta Flak, Randy Crawford merupakan nama-nama penyanyi yang saya suka, beberapa lagu Old Motown. Lalu Billie Holiday, Ella Fitz Gerald, Elvis. Saya juga suka Musik Latin dan Salsa, dengan impian untuk mengunjungi Cuba satu hari nanti, dan tinggal menetap di Havana.

Seberapa sensitif Anda terhadap bencana alam dan juga seni?
Saya sangat sensitif terhadap keduanya, Di seluruh dunia, baru-baru ini sudah banyak sekali terjadi bencana alam yang mengkhawatirkan, sesuatu yang di luar kendali kita. Saya menonton beberapa klip saat Tsunami melanda Indonesia dan merasa begitu sedih. Saya tidak dapat membayangkan kehancuran dan efeknya terhadap masyarakat Anda disana.

Aku sangat suka seni dan merasa bahwa seni lahir di setiap situasi, baik situasi sulit maupun mudah. Mereka akan lahir melalui rasa sakit, kehilangan atau lahir melalui inspirasi. Ekspresi seni saya biasanya dimulai dengan pengalaman saya sendiri dan melepaskan ekspresi terhadap keadaan atau kepedihan yang saya rasakan.

Lagu-lagu di dalam Violet Indiana; seperti saya bernyanyi dari buku harian saya, yang bisa membuat orang merasa galau, tapi sebagian diriku ingin berbagi kegalauan dengan pendengar untuk membantu mereka mencapai kegalauan mereka sendiri yang jauh lebih dalam dan memperkenalkannya melalui koneksi vokal ke hati para pendengar.

Jadwal gigs terdekat Anda setelah peluncuran proyek baru Anda?
Belum ada tanggal, karena kami masih dalam proses recording.

Setelah Anda menonton berita dunia, apa pendapatmu tentang Indonesia? Apa yang anda ketahui tentang Indonesia?
Saya menyadari bahwa Indonesia merupakan Negara Muslim terbesar di Asia Tenggara yang dihuni oleh 238 juta orang penduduk dan tsunami pernah dilanda tsunami pada tahun 2006. Dan saya yakin makanannya pasti lezat-lezat. LOL. Meskipun kami tidak melihat banyak tentang Indonesia di berita, saya pasti akan senang untuk mengunjungi salah satu tempat di sana suatu hari nanti dan melakukan show.

Apakah Anda berencana untuk datang dan tampil di sini, dan negara apa yang ingin Anda kunjungi untuk liburan?Saya akan sangat senang datang dan mengunjunginya suatu hari nanti. Saya berharap hal ini terjadi, karena akan menjadi semacam pengalaman yang sangat menakjubkan bagi saya untuk berkunjung ke Indonesia, juga Australia, Cuba, India, Thailand, Brazil, Hindia Barat. Sebenarnya kemana-mana karena saya sangat senang bepergian. Nenek saya blasteran Cuba, jadi Cuba merupakan tempat yang penting untuk saya kunjungi satu hari nanti.

Thanks so much . Big Kiss xxxx from London from Siobhan De Mare.

I love you , and thank you.

Leave a Reply

