REVOLT! Music

Ini adalah wawancara dengan pembuat efek gitar lokal yang produknya sangat digandrungi artis dan musisi dalam dan luar negeri, yang dimana wawancara ini kami salin dari sini.

Mas Dogie

Nama Lengkap mas Dogie?
Nama ku sebenarnya Ki Joyo Sardo, Ki Joyo Sardo Huminsautauruk itu nama panjangnya..tapi sejak pertengahan kuliah dulu, dari nama Sardo kemudian mulai di plesetin jadi Sardog hehe…dog dog dogie doggie akhirnya doggie ya udah popular dengan Dogie apalagi sekarang urusannya dagang yah kalo ga pake nama popular orang susah lagi, repot kan.hehehe…yah udah akhirnya Dogie dah..hehe..

Bisnis Musik Apa Yang Sedang Digeluti?

Sekarang terus terang aku lebih fokusnya itu produksi effect gitar.Sederhanannya sih sebenarnya teknis yang berhubungan dengan elektronik gitar. Jadi segal sesuatu yang sifatnya nyambi berhubungan dengan itu pasti kulakukan, seperti misalnya servis ampli, sevis gitar tapi semua dalam skala terbatas jadi biasanya customer yang udah kenal bertanya dulu bersedia ga terima, tapi biasanya yang parah parah banget tapi klomisalnya ga parah parah banget silakan bawa ke toko music saja tapi misalnya udah ga ketolong ya udah bawa ke tempatku dan aku suka gas suka terima akhirnya. Nah itu  sebenarnya sampingan tapi Main Stream Bisnisnya memang produksi effect guitar.segala sesuatu yang berhubungan dengan memproduksi effect Guitar.

Sejak Kapan mas Dogie menggeluti usaha ini?

Kalo mulai  itu bermula dari Hobby. Jadi gini Hobby ngeBand trus hobby Elektro ketemu jadi bikin Effect Guitar sendiri. Disekitar tahun 1998, manggung bawa Effect Guitar sendiri dengan  Box yang aneh2 yang orang ga tau, mulai orang kenalan lalu nanya “boleh ga, gue bikin sama lo?” “oh boleh Silakan” mulai kenal duit, mulai menjadi bisnis. Sampai sekitar tahun 2000-an dimana periode manggung, masih jadi anak Band, tapi juga bikin effect guitar dari mulut ke mulut nah baru mulai professioanal tapi prosesnya bertahap banget, pelan banget. Tapi secara professional menajdikan ini usaha yang menghasilkan uang yang sungguh sunguh itu 2004 dimana aku memutuskan Saharjo. Ngontrak bersama beberapa temen temen, bagi ruang bagi lahan dah tuh.salah satunya ruangan buat aku dari situ aku jadi  kios ku. Jadi bisa dibilang 2004 bisa dibilang sebagai titik penting untuk menjadikan bisnis ini Profesional, kalo sebelumnya nyambi dari mulut ke mulut.

A simulation of high gain tube amp. Think of Dual Rectifier's pre-amp. This pedal delivered the richness of DUAL RECTIFIER preamp. Fat distortion but still a wide dynamics of playing.

SOLID STEEL

Alasan / Motivasi apa yang Membuat Anda Menyukai Usaha Ini?

Awalnya Hobby, yah suka karena Hobby. Hobby Musik, Hobby Elektro jadi duit, jadi klop dah. Sampai sekarang pun aku masih sangat suka, palagi sejarang ini ada banyak ketemu sama orang, itu juga sesuatu yang sangat menyenangkan. Diluar masalah uang, karena dasarnya dari Hobby ada saja Dinamika yang membuat ini menjadi menyenangkan, jadi tidak bosan.

Mas Dogie bisa tolong jelaskan lebih detil ga alat apa aja yang mas Dogie buat?

(termasuk bahan produksi, pekerja yang digunakan, spare part dari mana)

Kalo alat effect guitar, hampir semua effect guitar analog itu sudah kita buat.dari overdrive, distorsi, phaser, flanger, chorus, vibrato, tremolo, reverb, delay itu kita sudah pernah buat. Kemudian beberapa inovasi inovasi baru seperti gabungan gabungan alat untuk splitter, splitter sinyal, blander sinyal, itu sedang kita garap sekarang, aku sedang riset belakangan ini. Kalo bahan sih sejujurnya aku bahan apa yang bias aku temukan di Indonesia, keterbatasan produk ku adalah keterbatasan sumber daya komponen. Komponen apa yang ada di Indonesia, itu yang bisa kubikin, kalo ga bisa dengan terpaksa aku menolak permintaan customer. Misalnya “bisa ga bikin effect ini? Tapi ga ada bahannya yah terpaksa aku”maaf ga bisa karena keterbatasan bahan”. Sekarang sudah mulai berani beberapa barang, ada beberapa komponen sifatnya import tapi baru aja jalan minggu ini. Tapi sifatnya baru coba coba, kalo misalnya lancar, ini mendukung,dan jalan terus  mungkin bisa nambah varian komponen lain, akhirnya menambah varian produknya.

One of our best selling pedals! 2 overdrive legends in a box. The Tubescreamer TS808 and TS9 is the same circuitry but different output impedance. Some guitarist prefer TS9 for it gives more attack, while the other loves TS808 for its smoot overdrive. But you now can have them both in a single pedals.

Kendala apa saja yang dihadapi selama ini?

Kendala yang paling berat selama ini adalah masalah spare parts, karena terkait dengan pertanyaan sebelumnya sebenarnya tenaga kerja nya Cuma aku sendiri dan istri, jadi berdua memang bener2 ngerjain effect ini. Baik istriku ngolah circuit, dengan nyolder segala macem, aku juga nyolder plus aku juga kemudian, nih baru korban nih, chasing segala macem, ngebor segala macem, finishing, jadi semua berdua saja. Tapi kalo kita lihat diluar negeri aku pernah lihat ada suami istri juga garap ampli, bikin box nya, luar biasa mereka bisa buat dirumahan. Tapi kenapa? Karena bahan bahan semua ada.ada bahan- bahan setengah jadi yang bisa dipakai.yang dijual di toko elektronik dan disini tidak ada benda benda seperti itu. Nah itu masalhnya yang sering mengganggu. Jadi sebenarnya produksi kayak gini 2 orang pun jalan apalagi kalo kayak yang aku lihat, bayangkan Cuma suami istri garap ampli lagi bukan effect lagi, lebih susah sebenarnya ampli itu, kok bisa? Karena barang barang setengah jadinya tuh ada atau mereka bisa order kemana dan itu memungkinkan dan disini minim sekali, biasnya disini spare parts itu yang berhubungan dengan mass product yang banyak, kayak misalnya spare parts tape itu kita cari di Glodok banyak tapi yang kayak punya aku effect guitar sedikit, susah, nah itu biasanya kendalanya.

Mas Dogie boleh ga dikasih tau musisi ternama siapa saja yang pernah menggunakan alat mas Dogie?

Yang sudah pernah pake, baru saja yang ngambil alat Choki ”Netral”, Cella ”Kotak” Cella gitarisnya “Kotak”, mas Baron “ex-GIGI”, mas Daniel Sigarlaki dan temannya di Magenta mas Edi Kemput, yang lain lain sebenarnya aku belum pernah ketemu face-to-face jadi pesannya by phone, misalnya Asta “Ran”, gitarisnya “Juliette” Ale, trus siapa lagi yah? agak lupa karena ada banyak juga. Jadi mereka sudah tahu kebutuhannya, bisa Cuma by phone, barang berangkat. Saking seringnya aku sudah langganan terus sudah dikenal sama TIKI disini.

Strategi Pasar apa Yang Mas Dogie Gunakan Untuk Mengembangkan usaha Mas Dogie?

Sejauh ini 2006 sampai sekarang adalah Online. Karena mengingat keterbatasan Kios yang susah dijangkau ini, kekuatan utama justru Online kemudian dengan membuka ruang ruang diskusi yang luas. Karena aku percaya persoalan utama di Musik Indonesia adalah kurangnya pemahaman tentang bagaimana setting alat, nah aku mencoba mengisi disitu dan coba menjelaskan alat alat yang ku punya itu sanggup memenuhi kebutuhan teman teman musisi. Jadi mungkin  1 dari segi marketing Online, terus dari segi approach nya mungkin dari cara edukasi.terus aku berusaha walaupun keteran secara periodic bikin artikel, tapi setahun ini aja baru 2 bikin artikel.jadi bikin artikel di blog-ku sehingga teman teman bisa membaca, mungkin jadi manfaat juga.

Produk terbaru apa yang akan mas Dogie buat selanjutnya?

Kalo Dalam waktu dekat Reverb sama tadi Splitter, Blander. Itu chasing nya (sambil menunjuk effect yang sedang dikerjakan) masih “telanjang” masih belum selesai finishing, baru lagi ngolah.

 

REVOLT! MUSIC

Griya Citayam Permai I, Blok D no.1 – Rawapanjang, Citayam
Bojong Gede – Depok/Bogor 16320 INDONESIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: