Jembatan Tertinggi dan Terpanjang di Dunia

Jembatan tertinggi di dunia dapat ditemukan di lembah Ladakh antara Suru Dras dan sungai-sungai di pegunungan Himalaya. Lembah tersebut terletak pada ketinggian sekitar 5602 m (18.379 kaki) di atas permukaan laut di sisi India Kashmir. Disebut Baily Bridge, panjangnya 30 meter (98 kaki), dibangun oleh Angkatan Darat India pada bulan Agustus 1982.

Royal George Bridge

Jika Anda bertanya tentang jembatan tertinggi yang berdiri di atas air, maka Royal George Bridge di atas Sungai Arkansas di Colorado, Amerika Serikat adalah jawabannya. Dibangun pada tahun 1929 sebesar $ 350.000, jembatan itu memiliki panjang 321 m (1.053 kaki) di atas air.

Jembatan tertinggi diukur dari dermaga adalah Jembatan Millau (Viaduc de Millau) di atas Sungai Tarn di pegunungan Massif Central di Prancis. Tingginya lebih dari 300m (984ft) dan panjangnya 2,5 km (1,5 mil).

Jembatan terpanjang di dunia yang melalui badan air adalah Lake Pontchartrain Causeway (lintasan danau Pontchartrain) di New Orleans, AS dengan total panjang 38,6 km (24 mil). Jembatan itu selesai pada tahun 1956.

The Bang Na Expressway di Bankok, Thailand bahkan lebih panjang, 54 km (33,5 mil), tapi kebanyakan karena  jalan raya yang ditinggikan. Namun, semuanya akan dikalahkan oleh Xian-Zhengzhou jembatan kereta api berkecepatan tinggi dengan panjang 79,6 km sedang dibangun di Cina. Jembatan ini dikenal sebagai Jembatan Sungai Wei.


Jembatan yang paling mahal adalah Jembatan Seto-Ohashi-Kojima di Jepang. Dengan panjang 13,22 km (8,21 miles), dibangun pada tahun 1988 dengan biaya sebesar $ 8.3 miliar.

Jembatan alami Terbesar di dunia adalah Rainbow Bridge, terselip di antara tanah yang tidak rata, ngarai yang terisolasi di dasar Navajo Mountain, Utah, USA. Ini adalah keajaiban alam. Dari dasar ke puncak lengkungan, tingginya mencapai 88,4 m (290 ft) – hampir sama dengan ketinggian Patung Liberty – dan mencakup 83,8 m (275 kaki) di seberang sungai. Tebal lengkungan atasnya adalah 12,8 m (42 kaki) dan lebarnya 10 m (33 kaki).

Howrah, adalah Jembatan tersibuk di Dunia, jembatan yang melintasi sungai Hooghly di Kalkuta, India. Selain sekitar 150.000 kendaraan sehari jembatan tersebut juga membawa lebih dari empat juta pejalan kaki di dalam tubuhnya yang memiliki panjang 457 m (1.500 kaki) dan lebar 22 m (72 kaki).

Comments
2 Responses to “Jembatan Tertinggi dan Terpanjang di Dunia”
  1. ken wong says:

    keren gan infonya……….
    heheheheheh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: